alamsyah rasyid blogry

Tips menghafal Al Quran

Posted on: January 24, 2007

dari milis assunnah :

Memperbaiki tujuan dan bersungguh-sungguh menghafal Al-Quran hanya karena Allah
Subhanahu wa Ta`ala serta untuk mendapatkan syurga dan keridhaan-Nya. Tidak ada
pahala bagi siapa saja yang membaca Al-Quran dan menghafalnya karena tujuan
keduniaan, karena riya atau sumah (ingin didengar orang), dan perbuatan seperti
ini jelas menjerumuskan pelakunya kepada dosa.

1.      Dorongan dari diri sendiri, bukan karena terpaksa.
Ini adalah asas bagi setiap orang yang berusaha untuk
menghafal Al-Quran. Sesungguhnya siapa yang mencari
kelezatan dan kebahagiaan ketika membaca Al-Quran maka dia
akan mendapatkannya.

2.      Membenarkan ucapan dan bacaan.
Hal ini tidak akan tercapai kecuali dengan mendengarkan
dari orang yang baik bacaan Al-Qurannya atau dari orang
yang hafal Al-Quran. Rasulullah shallallahu alaihi wa
sallam sendiri mengambil/belajar Al-Quran dari Jibril
alaihis salam secara lisan. Setahun sekali pada bulan
Ramadhan secara rutin Jibril alaihis salam menemui beliau
untuk murajaah hafalan beliau. Pada tahun Rasulullah
shallallahualaihi wa sallam diwafatkan, Jibril menemui
beliau sampai dua kali. Para shahabat radliallahu anhum
juga belajar Al-Quran dari Rasulullah shallallahualaihi wa
sallam secara lisan demikian pula generasi-generasi
terbaik setelah mereka. Pada masa sekarang dapat dibantu
dengan mendengarkan kaset-kaset murattal yang dibaca oleh
qari yang baik dan bagus bacaannya. Wajib bagi penghafal
Al-Quran untuk tidak menyandarkan kepada dirinya sendiri
dalam hal bacaan Al-Quran dan tajwidnya.


3.      Membuat target hafalan setiap hari.
Misalnya menargetkan sepuluh ayat setiap hari atau satu
halaman, satu hizb, seperempat hizb atau bisa
ditambah/dikurangi dari target tersebut sesuai dengan
kemampuan. Yang jelas target yang telah ditetapkan sebisa
mungkin untuk dipenuhi.

4.      Membaguskan hafalan.
Tidak boleh beralih hafalan sebelum mendapat hafalan yang
sempurna. Hal ini dimaksudkan untuk memantapkan hafalan di
hati. Dan yang demikian dapat dibantu dengan
mempraktekkannya dalam setiap kesibukan sepanjang siang
dan malam.

5.      Menghafal dengan satu mushaf.
Hal ini dikarenakan manusia dapat menghafal dengan melihat
sebagaimana bisa menghafal dengan mendengar.
Dengan membaca/melihat akan terbekas dalam hati
bentuk-bentuk ayat dan tempat-tempatnya dalam mushaf.
Bila orang yang menghafal Al-Quran itu merubah/mengganti
mushaf yang biasa ia menghafal dengannya maka hafalannya
pun akan berbeda-beda pula dan ini akan mempersulit
dirinya.

6.      Memahami adalah salah satu jalan untuk menghafal.
Di antara hal-hal yang paling besar/dominan yang dapat
membantu untuk menghafal Al-Quran adalah dengan memahami
ayat-ayat yang dihafalkan dan juga mengenal segi-segi
keterkaitan antara ayat yang satu dengan ayat yang
lainnya.
Oleh sebab itu seharusnyalah bagi penghafal Al-Quran untuk
membaca tafsir dari ayat-ayat yang dihafalnya, untuk
mendapatkan keterangan tentang kata-kata yang asing atau
untuk mengetahui sebab turunnya ayat atau memahami makna
yang sulit atau untuk mengenal hukum yang khusus.
Ada beberapa kitab tafsir yang ringkas yang dapat ditelaah
oleh pemula seperti kitab Zubdatut Tafsir oleh Asy-Syaikh
Muhammad Sulaiman Al-Asyqar.
Setelah memiliki kemampuan yang cukup, untuk meluaskan
pemahaman dapat menelaah kitab-kitab tafsir yang berisi
penjelasan yang panjang seperti Tafsir Ibnu Katsier,
Tafsir Ath-Thabari, Tafsir As-Sadi dan Adhwaaul Bayaan
oleh Asy-Syanqithi.wajib pula menghadirkan hatinya pada
saat membaca Al-Quran.

7.      Tidak pindah ke surat lain sebelum hafal benar surat
yang sedang dihafalkan.
Setelah sempurna satu surat dihafalkan, tidak sepantasnya
berpindah ke surat lain kecuali setelah benar-benar
sempurna hafalannya dan telah kokoh dalam dada.

8.      Selalu memperdengarkan hafalan (disimak oleh orang
lain).
Orang yang menghafal Al-Quran tidak sepantasnya
menyandarkan hafalannya kepada dirinya sendiri. Tetapi
wajib atasnya untuk memperdengarkan kepada seorang hafidz
atau mencocokkannya dengan mushaf. Hal ini dimaksudkan
untuk mengingatkan kesalahan dalam ucapan, atau syakal
ataupun lupa.
Banyak sekali orang yang menghafal dengan hanya bersandar
pada dirinya sendiri, sehingga terkadang ada yang
salah/keliru dalam hafalannya tetapi tidak ada yang
memperingatkan kesalahan tersebut.

9.      Selalu menjaga hafalan dengan murajaah.
Bersabda Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam :
“Jagalah benar-benar Al-Quran ini, demi Yang jiwaku berada
di Tangan-Nya, Al-Quran lebih cepat terlepas daripada onta
yang terikat dari ikatannya.”
Maka seorang yang menghafal Al-Quran bila membiarkan
hafalannya sebentar saja niscaya ia akan terlupakan. Oleh
karena itu hendak hafalan Al-Quran terus diulang setiap
harinya. Bila ternyata hafalan yang ada hilang dalam dada
tidak sepantasnya mengatakan: “Aku lupa ayat (surat) ini
atau ayat (surat) itu.” Akan tetapi hendaklah mengatakan:
“Aku dilupakan,” karena Rasulullah shallallahu `alaihi wa
sallam telah bersabda: (..arab..)

10.      Bersungguh-sungguh dan memperhatikan ayat yang serupa.
Khususnya yang serupa/hampir serupa dalam lafadz, maka
wajib untuk memperhatikannya agar dapat hafal dengan baik
dan tidak tercampur dengan surat lain.

11.      Mencatat ayat-ayat yang dibaca/dihafal.
Ada baiknya penghafal Al-Quran menulis ayat-ayat yang
sedang dibaca/dihafalkannya, sehingga hafalannya tidak
hanya di dada dan di lisan tetapi ia juga dapat
menuliskannya dalam bentuk tulisan.
Berapa banyak penghafal Al-Quran yang dijumpai, mereka
terkadang hafal satu atau beberapa surat dari Al-Quran
tetapi giliran diminta untuk menuliskan hafalan tersebut
mereka tidak bisa atau banyak kesalahan dalam
penulisannya.

12.      Memperhatikan usia yang baik untuk menghafal.
Usia yang baik untuk menghafal kira-kira dari umur 5 tahun
sampai 25 tahun. Wallahu alam dalam batasan usia tersebut.
Namun yang jelas menghafal di usia muda adalah lebih mudah
dan lebih baik daripada menghafal di usia tua.
Pepatah mengatakan: Menghafal di waktu kecil seperti
mengukir di atas batu, menghafal di waktu tua seperti
mengukir di atas air.

HAL-HAL YANG DAPAT MENGHALANGI HAFALAN
Setelah kita mengetahui beberapa kaidah dasar untuk
menghafal Al-Quran maka sudah sepantasnya bagi kita untuk
mengetahui beberapa hal yang menghalangi dan menyulitkan
hafalan agar kita dapat waspada dari penghalang-penghalang
tersebut.

Di antaranya:

1.      Banyaknya dosa dan maksiat.
Sesungguhnya dosa dan maksiat akan melupakan hamba
terhadap Al-Quran dan terhadap dirinya sendiri. Hatinya
akan buta dari dzikrullah.

2.      Tidak adanya upaya untuk menjaga hafalan dan
mengulangnya secara terus-menerus. Tidak mau
memperdengarkan (meminta orang lain untuk menyimak) dari
apa-apa yang dihafal dari Al-Quran kepada orang lain.

3.      Perhatian yang berlebihan terhadap urusan dunia yang
menjadikan hatinya tergantung dengannya dan selanjutnya
tidak mampu untuk menghafal dengan mudah.

3.      Berambisi menghafal ayat-ayat yang banyak dalam waktu
yang singkat dan pindah ke hafalan lain sebelum kokohnya
hafalan yang lama.
Kita mohon pada Allah Subhanahu wa Ta`ala semoga Dia
mengkaruniakan dan memudahkan kita untuk menghafal
kitab-Nya, mengamalkannya serta dapat membacanya di tengah
malam dan di tepi siang. Wallahu alam bishawwab.

(Ummu Abdillah & Ummu Maryam, dinukil dari kutaib: “Kaifa
Tataatstsar bil Quran wa Kaifa Tahfadzuhu?” oleh Abi
Abdirrahman)
Link Sumber

50 Responses to "Tips menghafal Al Quran"

Paling enak dan cepat menghapal alqur’an sejak kecil. Media perekam kita masih mulus dan tanpa bad sector.

Gimana yang udah tua?
Hafalin Juz Amma aja dulu :-)

duh… kayak taaruf di DP mesti hafal Juz Amma…
jadi pengen punya guru ngaji……

Ups, gak bermaksud lo
saya ngomongin diri sendiri kok, berani amat mensyaratkan calon istri harus hafal , wong saya sendiri gak hafal :-)

seperti kata maskoko, agak sulit tapi bukan berarti gak mungkin, saya coba dulu ya :-)

maaf …
coba menyampaikan dari sudut pandang yg berbeda
tema: menghafal alquran semata karena aLLah mengharap surga dan ridho … !
sebuah kata dan kalimat yg manis, teramat manis.

alquran…
adalah sebuah kitab yg berisi nasehat supaya manusia beruntung ! karena sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi …
sebuah nasehat, akan sangat bermanfaat bila dikerjakan bukan dihafal apalagi dilantunkan hingga berurai air mata.

untuk menjadi manusia beruntung…
amalkan … wujudkan … nyatakan … dengan perbuatan apa saja yg telah tersurat dalam kitab aLLah hingga kita mampu mengambil manfaat dari apa yang tersirat !
soal balasan … imbalan … upah … sesuatu yg bernama surga … biarlah itu menjadi urusan sang iLahi …

ga apa2 mas mengharap surga juga suatu motivasi, wong yg punya juga Allah kok, ke siapa lg kita minta kalo bukan sama yg punya yaitu Allah, orang bisa termotivasi dengan jalan yg berbeda-beda, buat yg belum bisa mengamalkan,ya menghafal udah usaha yg bagus,dilantunkan dgn berurai air mata jg lebih bagus,berarti dia dapat hidayah dari Allah, inget2 semua punya Allah,minta apapun sama Allah,manusia tdk berhak melarangnya.

Qur’an beda dengan kitab-kitab lain…. menghafalnya itu sudah merupakan kebaikan, mencucurkan air mata saat membacanya pun bukan kejahatan dan tidak tercela… justru kebaikan yang semakin bertambah-tambah… kemudian berupaya mengamalkannya juga akan menambahi kebaikan lagi… jadi tidak perlu meremehkan antara kebaikan yang satu dengan yang lainnya…

good point sir,

semoga dapat memaknai dan menerapkannya

amiin

jazakallah akhi

Kalau Saya memandang Al Quran itu sebagai Pedoman Hidup Manusia. Yang isinya mencakup
1. Sejarah
2. Peringatan/Teguran
3. Do and Don’t
4. Hasil Akhir “Kenikmatan”

Wah.. saya satu ayat satu hari aja sulit.. hiks hiks hiks..
Bukan hanya bad sector yang udah numpuk..
Tapi kayaknya anti virusnya harus di update nich..

@ahmedberlian
kalo satu ayat diingat-ingat –> mungkin sulit …
tapi kalo satu ayat dipraktekkan terus menerus mungkin akan laen ceritanya …
yg aLLah liat bukan berapa banyak dia mampu menghapal ayat, namun seberapa banyak dia mampu mengerjakan perbuatan baik (amal sholeh)

coba praktekkan ar-rahim …
santuni anak yatim setiap hari … !

kalo dah ‘LULUS’ nanti kita coba praktekkan ayat yg laen !

artikel yang bagus

yang penting kita sabar dan luruskan niat bahwa menghapal al qur’an ditujukan untuk mencari kejayaan di akhirat bukan untuk kepentingan dunia. Alhamdulillah kita diberikan kemampuan menguasai al Qur’an. Tapi jika tidak, kita berdoa untuk menjadi Hambanya yang mendapatkan tempat di Jannah. amin

iya aku jug ajadi pengen hapal euy
padahal dulu pernah ikut kelompok tahfizh
tapi skr aku lg futur, gimana donk …beri aku semangat

ane ad kenalan hafiz paling mantap,,ust.Sufyan d batu malang..klo mau belajar langsung di pondok beliau

cukup katakan;…’hafidz yang mantap’…. tidak perlu pakai kata ‘paling’…

[...] Ada beberapa kaidah dan cukup banyak tips n trik untuk menjadi seorang pemelihara Al-Qur’an. Salah satu yang paling utama adalah kaidah Innamal ‘amalu bin niyat. Dengan kaidah tersebut, maka yang perlu dilakukan pertama kali dan senantiasa diperbaharui adalah luruskan niat kita untuk memelihara Al-Qur’an ini hanya karena dan untuk Allah swt saja. Tips lainnya bisa dilihat disini. [...]

kalo gitu sebenernya hampir bisa dipastikan menghafal itu gampang. tapi menjaga supaya hafalan tetep nempel n bisa dipraktekkan dikehidupan kita justru yang paling susah. ya ga sih???

oh ya…
untuk bisa menghafal dengan lebih semangat lagi sebaiknya punya rekan untuk muraja’ah. so mudah-mudahan bisa tetep nempel, saling mengingatkan, dan saling menambah dan mengisi satu sama lain. wallahu’alam

jazakallahu khairan katsir

mnghapal apa harus mondok?

kayanya ga jg deh..
coz di tempat an belajar ad yg bisa ngafal tanpa mondok..

yg penting usahanya..

Menghapal butuh ke-istiqomah-an. Sedangkan salah satu syarat istiqomah (selain motivasi diri) adalah mencari lingkungan yang mendukung dalam menghapal, misalnya pondok pesantren.
So, buat nisya…tidak ada keharusan mondok dalam menghapal AlQur’an. Tapi di mana lagi kita bisa cari tempat yang lebih baik untuk tujuan itu selain di pondok? Adanya teman yang punya tujuan sama, kegiatan sama (seperjuangan) dan ustadz/ustadzah yang hafizh yang selalu membimbing kita akan memperkuat konsep istiqomah itu.
Lagian kalo kita lagi males, ustadz/ustadzah akan negur dan kita malu deh nggak setor atau setoran dikit.
Jadi ciptakan motivasi yang kuat, dari hati, dari teman juga dari guru.
Memang sih awalnya berat, tapi kao dah dijalani senang juga lho!
Paling nggak bacaan surat dalam sholat tidak seputar juzamma saja.
Perlu teman-teman ketahui saya menghapal di pondok mulai delapan bulan yang lalu dan sudah hapal juz 30, 29, 28, 27, dan 26. Usia saya 28 tahun status menikah satu anak. Saya bekerja sebagai PNS, berangkat pagi pulang sore.
Jadi, maaf ya buat yang lebih muda dari saya tapi masih kalah semangat atau mengaku sibuk. Jangan kalah dong sama yang tua seperti saya. Ayo semangat!!!

EH…..IKUTAN DONK NGAPALIN QURAN, AKU NIH DEMEN BENER AME QURAN, TAPI AMPE SAAT INI ENGGA BANYAK APALNYA. PALING AL-IKHLAS, ANNAS, ALFALAQ. BANYAK ENGGA YG GITU YA ?

Thanks for those tips, I really appreaciate it!

Sama euy aq jg pngen menghafl alqur’an 30 juz.

suwun

kalo mnurutq,menghafal dan mengamalkn tu lbh baik.jd 22 ny hrs selalu beriringan.saling melengkapi.cz emg kduany saling berdampingan.ibarat suami dg istri.

saya sendiri punya kendala kok, kaya pas muales deres atao ngulang hafalan, gimana to agar kita tetep istiqomah menjalaninya?

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,ok!

Jazakallohu khoiron..
ana juga lagi berusaha untuk menghafal alquran 30 juz lengkap.

Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com/download/3082887/Al-QuranProVer.3.0.exe.html

q dah ngafalin Al-quran dpt 5 juz,pi krn q orang yang sibuk banget jd banyak hafalan q yang hilang dan pabila q gi murojah cepet ngantu piye?????????????

monggo sareng2 berjuang menjaga ayat2 ilahi………….

mw sharing aja…

menghafal kalam Alloh itu inedah,,,.
mungkin pertama-tama aan mengalami kesulitan seperti kita pertama2mendisiplinkann diri utk solat/ qiyamul lail. tapi kalo udah qt berhasil mendisiplinkan diri rasanya sungguh tenang ada kedamaaian didalam hati, setiap huruf yg dibaca sja berkali2 lipat pahalany, apalagi kalo dihafal dan kita serting mengulanginya….,
so semangat ya, bultikan ini salah satu pemuliaan kita terhadapkalam Alloh…!

mas, clo ada tips2 yg laen tolg dikirimin di email q y…??

syukron…

Hello asskum, boleh anda sharing bagaimana cara ibu menghafal al qur’an juz demi juz dg secepat itu, apa sebelumnya ibu pernah hampir hafal waktu masih muda, tolong di bagi tips tipsnya, waskum,

Mencari ilmu (syar`i) diwaktu muda ibarat mengukir di atas batu, sedangkan mencari ilmu diwaktu tua ibarat mengukir di atas air. Begitupula dengan menghafal Al quran, oleh karena itu kita para syabab bersemangatlah dalam mencari ilmu, Sesungguhnya Alloh akan menolong bagi mereka yang menolong agamaNya.

motipasu juga hafalan dengan meyakini bahwa al-quran adalah hidangan yang enak seperti sabdah rasulullah” sesungguhnya al quran itu adal hidangan yang enak dari arrahman

[...] sumber 1 , sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5, sumber 6, sumber 7, sumber 8   [...]

klo mslnya gg da dorongan dri kita sndri gmna???
trs cara ngilangi malesnya gmna????

terima kasih .. tips yang amat berguna untuk menghafal al-quran

syukran tipsnya., tidak ada kata terlambat…semangat..!!!!

saya seseorang yg tak pandai mengaji kitab2 tapi alhamdulillah saya bisa membaca al qur’an. 3 tahun nii saya tidak tinggal di pesantren bahkan gak pernah ngaji ke masjid/ustadz. tapi belakangan ini tiba2 saya ingin sekali tuk masuk pesantren dan menghafal al-qur’an, entah ini hidayah atau apa. saya telah mencobanya menghafal 17 ayat. kira2 jika ditengah2 saya menghentikan hafalan saya apa dosa ?

ngapalin al quran, siapa takut. ayuk ngapaliiin

gmn caranya menghilangkan penyakit malez untuk menghafal,,?

bsakah anda membantu saya membantu saya membuat buku tentang menghafal al qur’an?

Thanks ilmunya insyah Allah bisa dipraktekkan. Amin

Terimakasih atas tipsy, saya mau bertanyausia berapakah yang paling tepat untuk menghafal Al Qur an?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS 101 Info

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Flickr Photos

knockdownhouse.com

knockdownhouse.com

knockdownhouse.com

knockdownhouse.com

knockdownhouse.com

More Photos

Blog Stats

  • 61,610 hits

Peringkat

Alamsyah Rank
January 2007
M T W T F S S
« Dec   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: